Sunday, March 21, 2010

Hasil Verifikasi Kecamatan, atas usulan dari Desa Batukarut Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung yaitu usulannya : pembangunan posyandu, SPP dan pelatihan menjahit, pada dasarnya disetujui dan dalam Musyawarah Antardesa prioritas usulan di Kecamatan Arjasari untuk perangkingan yang dikompetisikan hanya 2, yaitu posyandu dan pelatihan menjahit.

Untuk Posyandu sebanyak 4 unit ( RW 07, 08, 09 dan 14) semuanya pembangunan dari 0 %, sedangkan pelatihan menjahit disetujui 1 kelompok (16 orang) dan hasil perangkingan untuk posyandu berada pada rangking ke 4, realisasinya sekitar bulan Nopember 2009, dan Pelatihan menjahit pada urutan ke 18.

Berdasarkan ketersediaan dana di Kecamatan Arjasari yaitu untuk tahun 2009 sejumlah Rp 2 M, sedangkan usulan dari seluruh Desa sebanyak 21 usulan, maka untuk Desa Batukarut yang bisa direalisasikan pada tahun 2009 hanya untuk Pembangunan Posyandu 4 unit dan SPP sebanyak 9 kelompok dengan total dana sebesar Rp 194,7 juta.

Dana yang dialokasikan untuk pembangunan Posyandu sebesar Rp 117 juta dan untuk SPP sebesar 77,7 juta.

Realisasi SPP pencairannya pada tanggal 17 Oktober 2009, sekaligus untuk 9 kelompok yang penyalurannya mayoritas untuk para pedagang warungan yang berasal dari kelompok RTM.

Anggaran SPP tersebut adalam 40 % dari total anggaran pada tahap I, selanjutnya untuk 40 % tahap ke II akan dialokasikan untuk pembangunan Posyandu 4 unit, langsung dan telah cair pada bulan Desember 2009.

Sampai saat ini untuk proses cicilan SPP terbilang lancar, sedangkan untuk kegiatan pembangunan posyandu dilakukan tidak serempak, melainkan selang 1 minggu hal tersebut dikarenakan ada sedikit hambatandari penyediaan bahan baku.

Dari 4 unit pembanguna posyandu tersebut, progressnya antara lain : 1 unit ( RW 07) telah rampung 60 %, sedangkan di RW 07 baru mencapai 30 % dan di RW 14 baru dimulai, dan untuk RW 09 akan dimulai pada awal Januari 2010.

Tenaga kerja yang dipakai pada proyek ini diambil dari warga setempat yang berasal dari RTM

Rencana kedepan khususnya dalam perguliran dana SPP setelah lunas pada perguliran tahap I akan direncanakan untuk perguliran tahap II bagi kelompok yang belum dapat pada tahap I.

Tentang Kami

Radio Kombas
Jl. Batukarut no 29 Arjasari Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Adalah salah satu Radio Komunitas yang ada di Kabupaten Bandung, didirikan sejak tahun 2001 hingga saat ini merupakan satu-satunya radio komunitas di kabupaten Bandung yang sudah mengantongi IPP dari KPI Pusat, dan sedang berproses untuk mendapat IPP dari Menkominfo.
View my complete profile
Powered by Blogger.