Tuesday, May 4, 2010

Selama bulan Mei 2010 secara serempak di Seluruh Indonesia akan diadakan Sensus Penduduk. Sensus Penduduk tahun 2010 merupakan sensus penduduk yang ke 5 di Indonesia sejak Indonesia Merdeka, yang pertama pada tahun 1961, kemudian tahun 1971, tahun 1980, tahun 1990, dan tahun 2000.

Hasil dari kegiatan Sensus Penduduk adalah berupa data jumlah penduduk serta karakteristiknya, yang sangat berguna sebagai bahan perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan. Sensus Penduduk Tahun 2010 (SP 2010) dapat memberikan gambaran secara aktual mengenai kondisi penduduk Indonesia, perumahan, pendidikan dan ketenagakerjaan sampai wilayah administrasi terkecil.

Untuk pelaksanaan kegiatan SP 2010 Badan Pusat Statistik telah membentuk tenaga-tenaga Lapangan yang akan melakukan Sensus secara door to door.

Sejalan dengan itu di Kabupaten Bandung sendiri telah dan sedang dilaksanakan kegiatan Pelatihan bagi Para Pencacah Lapangan (PCL) dan para Koordinator Tim (Kortim) yang diselenggarakan sejak tanggal 24 Maret 2010 s/4 14 April 2010 bertempat di Hotel Antik Soreang yang terbagi dalam beberapa angkatan. Lamanya pelatihan setiap angkatan selama 3 hari full.

Selama pelatihan PCL dan Kortim diberikan pelajaran secara teori dan praktek lapangan tatacara Pencacahan yang baik dan benar.

Ada sedikit keunikan dalam Sensus Penduduk 2010 kali ini, sekaligus cukup menyulitkan bagi Petugas PCL, terutama dari tatacara penulisan.

Kalau sensus sebelumnya data-data hasil pencacahan di lapangan kemudian di tingkat Kabupaten diolah menjadi informasi melalui entri data. Tapi sensus kali ini proses input data dari Petugas lapangan tidak dientri (diketik) melainkan dibaca oleh mesin scanner, sehingga tata cara penulisan hasil pencacahan harus disesuaikan dengan kemampuan baca dari mesin scanner tersebut.

Walaupun sedikit agak rumit dalam tatacara penulisan, tetapi kalau dilakukan secara serius dan secara hati-hati oleh Para PCL insya Allah tugas ini dapat diselesaikan dengan baik dan benar,

Disisi lain kesuksesan Sensus Penduduk 2010 sangat tergantung pula dari dukungan kerjasama dari masyarakat sendiri yang akan dicacah. Untuk itu kami mengajak kepada seluruh komponen masyarakan untuk bersama-sama menyukseskan SP 2010 ini yang akan dimulai dari Tanggal 01 Mei s/d 31 Mei 2010.

Tentang Kami

Radio Kombas
Jl. Batukarut no 29 Arjasari Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Adalah salah satu Radio Komunitas yang ada di Kabupaten Bandung, didirikan sejak tahun 2001 hingga saat ini merupakan satu-satunya radio komunitas di kabupaten Bandung yang sudah mengantongi IPP dari KPI Pusat, dan sedang berproses untuk mendapat IPP dari Menkominfo.
View my complete profile
Powered by Blogger.
There was an error in this gadget