Sunday, March 21, 2010

Realisasi program PNPM Mandiri di Desa Lebakwangi pada tahun 2008 ada pada 3 sektor, yaitu SPP, Pembangunan Fisik, dan Pelatihan. Tercatat ada 6 Kelompok SPP yang telah dibantu oleh program ini dengan total dana yang dikucurkan sebesar Rp 50 juta. Dari keenam kelompok SPP tersebut yang berasal dari kelompok Ibu-ibu arisan dan pengajian, telah disalurkan pinjaman untuk para pengusaha kecil warungan, konpeksi, penrajin sendal dan makanan ringan.

Berdasarkan pengamatan pengurus bahwa kegiatan SPP di Desa Lebakwangi terbilang lancar, belum ditemui adanya kemacetan terutama dalam penyampaian cicilan.

Pada tahun 2008 Desa Lebakwangi juga menyalurkan dana PNPM untuk pembangunan fisik berupa pembangunan jalan rabat beton yang berada di 3 RW yaitu RW 09, 10, dan 11 dengan total dana yang diserap sebesar Rp 60 juta . Dalam realisasi pembangunan fisik ini mengingat dana PNPM yang tersedia kurang mencukupi maka secara serempak warga masyarakat mengumpulkan dana secara swadaya, dan telah terkumpul uang sebesar Rp 25 juta untuk memperlancar pembangunan tersebut. Sedangkan dalam sektor lain dana PNPM disalurkan pula untuk kegiatan Pelatihan Menjahit sebanyak 1 Paket (14 orang) plus bantuan mesin jahit sebanyak 4 unit. Dan telah menyerap dana sebesar Rp 20 juta. Dampaknya cukup memuaskan, mayoritas lulusan dapat berusaha sendiri dengan dipinjamkan peralatan mesin jahit oleh pengurus.

Ada satu hal lagi yang perlu dibanggakan oleh Pengurtus PNPM Desa Lebakwangi, karena pada tahun 2008 Desa Lebakwangi telah ditunjuk oleh Team Kecamatan untuk menjadi Tuan Rumah dalam acara Pra Audit PNPM Mandiri.

Tentang Kami

Radio Kombas
Jl. Batukarut no 29 Arjasari Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Adalah salah satu Radio Komunitas yang ada di Kabupaten Bandung, didirikan sejak tahun 2001 hingga saat ini merupakan satu-satunya radio komunitas di kabupaten Bandung yang sudah mengantongi IPP dari KPI Pusat, dan sedang berproses untuk mendapat IPP dari Menkominfo.
View my complete profile
Powered by Blogger.
There was an error in this gadget