Sunday, March 21, 2010

Sebagai tindak lanjut dari program PNPM Mandiri Perdesaan tahun 2008, maka pada tahun 2009 Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung telah menyampaikan usulan untuk program program yang akan didanai oleh PNPM Mandiri ini.

Pada bulan Juni 2009, telah dimulai proses penggalian gaasan, potensi dan masalah dari tiap-tiap RW. Kemudian pada bulan Juli dan Agustus dilakukan proses Verifikasi oleh pihak Kecamatan Arjasari, sehingga pada bulan Oktober 2009 telah diadakan penetapan Usulan Desa Lebakwangi, untuk dilaksanakan mulai bulan Nopember sampai dengan januari 2009.

Adapun usulan Desa Lebakwangi yang telah disetujui untuk direalisasikan antara lain adalah :

- SPP sebanyak 4 kelompok dengan total dana sebesar Rp 31,6 juta

- Posyandu, 4 unit, 1 unit rehab (RW 03) dan 3 unit lagi berupa pembangunan baru (RW 08, 13 dan 14) dana yang dialokasikan untuk ini sebesar Rp 109 juta

- Pembangunan Sarana air bersih, 1 titik yaitu di RW 01 Bojong sereh yang akan menyerap manfaat untuk 79 KK atau sekitar 431 orang. Alokasi dananya sebesar Rp 72 juta.

Dalam proses pembangunan tersebut tidak terlepas partisipasi dari warga itu sendiri yaitu untuk pembangunan Posyandu, telah terkumpul dana swadaya masyarakat sebesar Rp 16 juta, sedangkan unuk pembangunan sarana air bersih terkumpul dana swadaya sebesar Rp 5 juta.

Total dana yang diterima Desa Lebakwangi dari PNPM mandiri untuk tahun 2009 adalah sebesar Rp 224 juta termasuk untuk biaya operasional TPK dan UPK.

Dari pengalaman pengurus PNPM Desa Lebakwangi bahwa proses pencairan dana PNPM tersebut terbilang lancar.

Tentang Kami

Radio Kombas
Jl. Batukarut no 29 Arjasari Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Adalah salah satu Radio Komunitas yang ada di Kabupaten Bandung, didirikan sejak tahun 2001 hingga saat ini merupakan satu-satunya radio komunitas di kabupaten Bandung yang sudah mengantongi IPP dari KPI Pusat, dan sedang berproses untuk mendapat IPP dari Menkominfo.
View my complete profile
Powered by Blogger.