Sunday, March 21, 2010

Berdasarkan pengalaman pahit atas program masa lalu P2KP yang hampir di seluruh Desa di Kabupaten Bandung terkena kredit macet, maka pengurus PNPM Desa Banjaran Kota Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung mengambil langkah untuk menyalurkan program PNPM ini ke infrastruktur. Adapun alasan lain bahwa Desa Banjaran kota memang saat ini sedang menggencarkan program penataan jalan-jalan gang di 12 RW untuk menuju ke standarisasi perkotaan. LPMD dan Ekbang Desa Banjaran kota berupaya mensinkronkan alokasi pendanaan pembangunan yang diperlukan di Banjaran Kota supaya pendanaannya tidak duplikasi, beberapa proyek dibagi-bagi pendanaannya, ada yang dari ADD, P2D, Raksa Desa, Musrenbang dan dari PNPM. Khusus PNPM diarahkan ke pembangunan jalan-jalan gang dengan beton rabat dan atau dengan paving blok, itupun dilakukan secara bertahap tidak seluruh RW sekaligus. Selain diarahkan ke infrastruktur dana PNPM disalurkan juga ke bidang sosial yaitu berupa pemberian bantuan kepada Siswa SD berupa perlengkapan sekolah ( seragam, tas dan sepatu ).

Program Simpan Pinjam Perempuan saat ini belum dapat direalisasikan di Desa Banjaran kota karena merujuk ke pengalaman masa lalu, program ini terlalu merepotkan oleh kasus-kasus kredit macet, demikian diungkapkan Ketua PNPM Desa Banjaran H. Iim ketika ditanya masalah SPP.

Karena masih belum terealisasikannya rencana penataan jalan gang di seluruh RW di Desa Banjaran kota yang jumlahnya 12 RW, maka pada tahun 2009 ini prioritas penyaluran dana PNPM masih diarahkan ke penataan jalan gang. Dari hasil pendataan kebutuhan penataan jalan gang berupa pembetonan dan paving blok, tercatat sepanjang kira-kira 3.000 meter yang perlu dilakukan penataan. Realisasi tahun 2008 sebanyak 7 RW atau kira-kira sepanjang 700 meter jalan gang, sisanya sebanyak 5 RW lagi dialokasikan pada tahun 2009 dan 2010. Selain penataan jalan gang pada tahun 2008 telah direalisasikan pula penyediaan air bersih di di 7 RW berupa pembuatan sumur pompa yang dananya dialokasikan sekitar 12 juta per titik.

Pada tahun 2008 Desa Banjaran kota mendapat alokasi dana PNPM sebesar 350 juta, kemudian dialokasikan untuk BOP 10 juta, untuk pembangunan infrasutruktur (berupa penataan jalan gang dan penyediaan air bersih) sejulah 306 juta dan sisanya 34 juta dialokasikan pada kegiatan sosial yaitu Santuanan kepada keluarga Jompo dan bantuan perlengkapan sekolah bagi anak SD dari keluarga miskin. Penerima bantuan perlengkapan sekolah ini rata-rata 8 – 10 orang per RW dengan alokasi dana sekitar Rp 120.000,- per siswa.

Masih di tahun 2008 dana PNPM juga disalurkan untuk membantu kegiatan posyandu di 7 RW berupa pemberian timbangan, meja dan bangku

Tentang Kami

Radio Kombas
Jl. Batukarut no 29 Arjasari Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Adalah salah satu Radio Komunitas yang ada di Kabupaten Bandung, didirikan sejak tahun 2001 hingga saat ini merupakan satu-satunya radio komunitas di kabupaten Bandung yang sudah mengantongi IPP dari KPI Pusat, dan sedang berproses untuk mendapat IPP dari Menkominfo.
View my complete profile
Powered by Blogger.
There was an error in this gadget